Sablon Flock

Sablon Bahan Flock
Cutting flock secara fungsi hampir sama dengan sablon polyflex vinyl, tapi beda dalam bentuk bahan dan texture, sebutan lain dari bahan flock adalah “bahan beludru”. Teknis perekatan sama dengan menggunakan alat heatpress (150 derajat+30 detik) pada permukaan kain.
Banyak kaos-kaos modern saat ini (kaos distro) memakai bahan flock (beludru) untuk model sablon nya. Memang jadi terkesan lebih mewah dan elegant, sobat pun tidak ragu membuat dan menjual  hasil sablon flock dengan harga bersaing seperti kaos distro ber merk lain nya.  Sablon flock ini sangat mudah dan efisien dan pembuatan nya tidak serumit dan sebanyak alat sablon manual. Tinggal siapin komputer / leptop, mesin cutting serta ide membuat desain dan mesin heat press (pemanas) untuk merekat kan bahan flock ke kain atau kaos. Jika design tidak terlalu besar bisa menggunakan setrika sebagai pengganti mesin heat press.
Langkah-langkah membuat sablon flock (beludru) :
Alat :
– komputer (beserta aplikasi corel dan artcut)
– mesin cutting
– alat pemanas (heat press)
Step 1 :
Buat desain di dalam aplikasi coreldraw atau Adobe illustrator. Tapi saya pribadi menyarankan pakai coreldraw. Disini saya menjelaskan desain minimalis dengan konsep satu warna. Desain apapun yang dibuat atau warna apapun yang dibuat akan tetap yang diambil cuma outline nya aja di aplikasi artcut. Jadi setelah desain jadi. Kita export jadi file *.eps kemudian di buka di aplikasi artcut untuk proses cutting.
Step 2 :
Siapkan dan pasang bahan Polyflex / Flock di mesin cutting
Step 3 :
Buka aplikasi artcut (biasanya dikasi pada saat pembelian mesin cutting nya), import file *.eps yang dari coreldraw tadi ke aplikasi artcut. Kemudian lanjutkan dengan proses cutting. Hingga selesai. *(penjelasan settingan cutting di aplikasi artcut akan saya jelaskan dan bahas di postingan yang lain)
Step 4 :
Setelah Polyflex di Cutting, keletek bahan Polyflex yang ditidak terpakai sampai bersih, sesuai dengan keinginan desain nya. Aplikasikan ke kain cotton (kaos, tas, topi atau bahan yang ingin di sablon)
Step 5 :
Siapkan pemanas (mesin heat press) dengan suhu 150° taruh dan letakan sesuai dengan media yang ingin di press.
Press dengan durasi 15-25 detik kemudian angkat. Ulangi sampai 1-2 kali untuk memastikan bahan Polyflex menempel dengan merata di kaos.
Setelah selesai Kaos siap dipakai 🙂
Untuk info lebih lanjut bisa ikuti di akun sosial media kita di :
  • Instagram : @kaospolyflexdotcom
  • WhatsApp : 081317557123